Menyediakan berbagai tips seputar media digital~! 10 Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Dikunjungi ~ HobiJelajah|Travell

Artikel Terbaru:

Tuesday 11 February 2020

10 Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Jakarta menawarkan beragam tujuan wisata untuk semua kalangan, mulai dari tempat wisata keluarga, alam, budaya, edukasi, hingga kuliner. Berbagai tempat wisata di Jakarta juga merupakan ikon daerah, cocok untuk pelancong pemula yang ingin mendapat pengalaman terbaik, terutama jika waktu liburan hanya sedikit.
Mau tau ada tempat wisata menarik apa saja di Jakarta? Berikut rekomendasi 25 tempat wisata di Jakarta yang wajib untuk dijelajahi saat Anda berkunjung ke ibu kota negara Indonesia.

1. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah adalah taman hiburan ikonik bertemakan Indonesia yang populer sejak tahun 90-an. Pengunjung bisa menikmati berbagai wahana dan fasilitas seperti misalnya Anjungan Daerah, kereta gantung, Teater 4D, museum, Teater IMAX Keong Mas, dan masih banyak lagi. Semua fasilitas, bangunan, wahana, dan dekorasi di tempat wisata di Jakarta ini merupakan miniatur dari 33 provinsi di Indonesia.
Taman Mini Indonesia Indah cocok untuk semua umur, terutama pelancong yang membawa anak. Lokasinya juga terbilang strategis dan mudah dicapai dengan kendaraan umum seperti KRL dan Bus Trans Jakarta. Taman Mini Indonesia Indah buka dari pukul 07:00 hingga pukul 21:00.

2. Pantai Ancol

Pantai Ancol
Pantai Ancol
Pantai Ancol adalah jalur pantai wisata yang terdiri dari lima pantai, yaitu Pantai Indah, Elok, Ria, Festival Ancol, dan Karnaval Ancol. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini buka selama 24 jam dan menawarkan panorama indah, tempat makan, serta lokasi ideal untuk melihat matahari terbit atau terbenam. Pengunjung bisa berfoto, bermain pasir, jogging, atau makan di salah satu restoran yang ada di kawasan wisata terpadu ini. Berbagai titik di tempat wisata di Jakarta yang satu ini juga cocok untuk meramaikan album Instagram Anda.
Pantai Ancol cukup bersih dan memiliki fasilitas wisata lengkap. Areanya juga dekat dengan berbagai tempat hiburan, seperti misalnya Seaworld dan Dunia Fantasi. Pantai Ancol mudah dicapai dengan menggunakan kendaraan umum, misalnya dengan menggunakan Trans Jakarta dan angkutan umum jurusan Ancol.

3. Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra
Ocean Dream Samudra
Ocean Dream Samudra, atau dikenal juga dengan nama Gelanggang Samudra, adalah tempat wisata di Jakarta yang bertemakan laut dan berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Gelanggang Samudra menawarkan atraksi hewan-hewan seperti lumba-lumba dan singa laut, Taman Surga Burung, pertunjukan menegangkan seperti Scorpion Rides, hingga wahana bermain seperti Ubur-Ubur dan Boto-Boto.
Ocean Dream Samudra memiliki fasilitas wisata lengkap, di antaranya beberapa pusat kuliner, tempat ibadah, toilet, dan klinik. Kios minuman dan es krim juga ada di beberapa titik di area tempat wisata di Jakarta ini. Ada juga jalur jalan kaki yang cukup luas di antara tiap wahana, lengkap dengan pepohonan dan taman, sehingga memberi kenyamanan untuk keluarga yang sedang menikmati libur di tempat wisata di Jakarta yang satu ini.
Pengunjung dapat mencapai lokasi tempat wisata di Jakarta ini dengan beberapa jenis moda transportasi, seperti misalnya KRL, bus Trans Jakarta koridor 1 dan 5, serta bus kota biasa jurusan Ancol. Ocean Dream Samudra buka setiap hari pada pukul 09:00, dan tutup pada pukul 17:00 (pukul 18:00 pada akhir pekan).

4. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi
Dunia Fantasi
Dunia Fantasi adalah taman hiburan keluarga di area Taman Impian Jaya Ancol. Taman ini menawarkan beragam wahana, mulai dari yang menegangkan seperti Tornado, Halilintar dan Hysteria, hingga yang cocok untuk semua umur seperti Rumah Miring, Poci-Poci, Turangga Rangga, dan Pontang-Pontang.
Tempat wisata di Jakarta ini juga menawarkan wahana dengan tema khusus, misalnya Ice Age Arctic Adventure, Treasureland, Dufan Glow, Fantasy Lights: Magic of Dufan, dan Hello Kitty Adventure. Efek suara, cahaya, dan penampilan dari robot animatronik serta aktor akan membuat wahana-wahana ini semakin meriah. Tiket untuk wahana-wahana bertema ini bisa dipesan secara online, untuk menghindari antrean.
Pengunjung bisa mencapai Dunia Fantasi dengan cara yang sama dengan menuju ke Taman Impian Jaya Ancol dan Ocean Dream Samudra. Dunia Fantasi buka setiap hari dari pukul 10:00 hingga 18:00. Pada akhir pekan, Dufan buka hingga pukul 20:00.

5. Allianz Ecopark

Allianz Ecopark
Allianz Ecopark
Allianz Ecopark, atau dikenal juga dengan nama Ocean Ecopark, adalah taman wisata alam dan keluarga di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Taman ini dikelilingi pepohonan rindang dan sungai yang asri. Selain itu, terdapat jalur untuk berolahraga, taman bermain, danau wisata, kebun binatang mini, gazebo untuk santai, serta kano dan perahu kayuh.
Pengunjung bisa bermain sambil belajar di tempat-tempat seperti Rumah Lebah, Faunaland, dan Rumah Energi. Outbondholic serta arena paintball juga akan memberi kesenangan seru untuk semua umur. Ada juga Learning Farm yang menawarkan paket belajar bercocok tanam untuk anak-anak. Fasilitas Eco-market dan kedai makanan pun akan melengkapi keseruan di tempat wisata di Jakarta ini.
Allianz Ecopark buka setiap hari mulai dari pukul 06:00 hingga pukul 18:00, tetapi setiap wahana memiliki jam buka-tutup yang berbeda, seperti misalnya jam 08:00-16:00 untuk arena paintball dan Learning Farm, serta 09:30-17:30 untuk Faunaland.

6. Alive Museum

Alive Museum
Alive Museum
Berlokasi di Taman Impian Jaya Ancol, Alive Museum adalah jaringan museum visual unik dari Korea yang menghadirkan patung lilin tokoh-tokoh terkenal, mirip dengan Museum Madam Tussaud yang berada di BangkokHong KongChinaJepang, dan Singapura. Berbagai patung tersebut menggambarkan tokoh dunia hiburan terkenal, mulai dari penyanyi pop Korea hingga penyanyi barat ternama dan bintang Hollywood. Ada juga koleksi ilusi visual dengan gambar-gambar kreatif, sehingga tempat wisata ini cocok untuk mengisi album Instagram Anda.
Alive Museum buka dari Hari Selasa sampai hari Minggu, pukul 10:00 hingga 21:00. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini hanya buka pada hari Senin jika hari tersebut bertepatan dengan hari libur nasional.

7. Pasar Seni Ancol

Pasar Seni Ancol
Pasar Seni Ancol
Pasar Seni Ancol adalah pusat wisata seni, budaya, dan belanja, dikemas dalam desain mirip taman hiburan keluarga. Pasar Seni Ancol merupakan tempat bagi para seniman dan perajin untuk memamerkan serta menjual hasil karya mereka. Pengunjung juga bisa mengunjungi berbagai studio seni dan melihat proses pembuatan suatu karya seni.
Pasar Seni Ancol memamerkan dan menjual barang-barang seperti lukisan, wayang, hiasan dinding, dan sebagainya. Ada juga patung-patung unik yang menghiasi berbagai sudut taman. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan seni dan musik dari berbagai komunitas. Salah satu pertunjukan yang diadakan secara rutin di Pasar Seni adalah malam Jazz, yang diadakan setiap Jumat pada pukul 19:30 hingga 22:30.
Karena berada di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol, pengunjung tidak perlu membayar lagi untuk masuk ke area Pasar Seni.

8. Pantai Marunda

Pantai Marunda
Pantai Marunda
Pantai Marunda sering kali menjadi tujuan wisata warga lokal di Jakarta Utara, dengan nuansa yang lebih sederhana ketimbang Ancol. Pemandangan di tempat wisata di Jakarta Utara ini cukup indah, dan suasananya relatif tidak ramai. Daya tarik utamanya adalah objek wisata sejarah yang berada di dekatnya, yaitu rumah pahlawan Betawai Si Pitung serta Masjid Al-Alam.
Pantai Marunda bisa dikunjungi kapan saja secara gratis. Pengunjung bisa menyewa perahu nelayan untuk menyusuri garis pantai, dengan tarif yang relatif murah (pastikan untuk menyepakati tarif sebelum naik). Pengunjung yang tidak mengemudi sendiri bisa naik angkutan umum rute Priok – Cilincing, disambung dengan angkutan lokal nomor KWK U05 (warna merah). Berhenti di depan bangunan STIP, lalu jalan kaki hingga mencapai pantai.

9. Waterbom

Waterbom
Waterbom
Waterbom adalah taman wisata air populer yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk. Waterbom menawarkan berbagai wahana kolam renang untuk semua umur, dengan tingkat ketegangan yang beragam. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini memiliki fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta staff profesional yang akan memastikan setiap wahana memenuhi standar keamanan setiap saat.
Waterbom Jakarta menawarkan wahana seru seperti misalnya Twizter, Speedslide, dan The Hairpin. Salah satu wahana ikoniknya adalah Aquatube, seluncuran raksasa berkelok sepanjang 118 meter. Ada juga wahana yang cocok untuk pengunjung cilik, seperti kolam renang dangkal, ember curah, dan kolam arus yang santai. Fasilitas penunjang kenyamanan yang tersedia antara lain ruang ganti baju, pancuran, kedai, toilet, dan beberapa tempat bersantai.
Waterbom Jakarta buka setiap hari, dari pukul 06:00 hingga 18:00. Pengunjung yang tidak menyetir mobil sendiri bisa naik bus Trans Jakarta ke Pluit Village Mall, dan lanjut naik angkutan umum rute Grogol – Angke (B01) untuk turun di Pantai Indah Kapuk.

10. Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk
Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk
Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk juga berlokasi di sekitar Pantai Indah Kapuk. Area ini berupa hutan bakau yang dikelilingi perairan. Pengunjung bisa naik perahu bersama pemandu untuk melihat pemandangan hutan bakau, serta menemukan biawak yang banyak berkeliaran di area tersebut. Pengunjung juga bisa menikmati kesejukan hutan bakau sambil berjalan menyusuri jembatan.
Tempat wisata di Jakarta yang satu ini memiliki fasilitas cukup lengkap, seperti restoran, penginapan bergaya tradisional, dan tempat bersantai. Pengunjung juga bisa ikut melestarikan lingkungan dengan menanam pohon bakau, cukup dengan membayar biaya murah untuk satu bibit. Menanam pohon juga sering menjadi kegiatan wisata kelompok, misalnya di kalangan siswa sekolah, mahasiswa, atau karyawan.
Tempat wisata di Jakarta ini buka setiap hari dari pukul 07:00 hingga 18:00. Taman wisata ini dapat dicapai dengan bus kota jurusan Grogol atau Trans Jakarta (koridor 9A). Dari Grogol, pengunjung harus naik angkutan umum lagi ke Angke Kapuk.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Total Tayangan

"what makes me sick is to wait for someone who has been loved but went missing "
TEXT BERJALAN KE BAWAH